Skip to main content

Tips Memilih Freelancer yang Tepat di Fiverr untuk Calon Klien

By November 25, 2018Oktober 16th, 2019Bisnis Online, Freelancer, Teknologi
tips memilih freelancer fiverr

Bagi anda yang belum tahu internet merupakan dunia yang sangat luas dan didalamnya terdapat banyak informasi dan cara meringankan kerja anda di kehidupan anda. Anda bisa daftar disini jika ingin coba >>Daftar Fiverr<<

Nah selain disana anda dapat membeli produk secara online, anda juga memesan jasa yang biasa ditawarkan para pekerja lepas atau biasa yang kenal dengan sebutan freelancer.

Ada banyak sekali pilihan website bermodal crowdsourcing untuk menemukan freelancer. Salah satunya di Fiverr. Fiverr adalah sebuah online marketplace dimana anda dapat terhubung dan bekerjasama dengan seorang freelancer.

Ada banyak kategori freelancer yang bisa dicari disini. Ada desainer logo, desainer website, developer website, hingga pekerjaan yang jarang ditawarkan freelancer Indonesia seperti presentasi di depan kamera, research bisnis dan masih banyak lagi.

Banyak juga freelancer dari Indonesia disini yang terdaftar. Namun kebanyakan masih menawarkan jasa buat desain grafis atau ilustrasi.

Sifatnya yang open marketplace jadi memungkinkan siapa saja untuk daftar dan membuka jasa yang mereka bisa.

Masalah yang timbul adalah banyak yang menawarkan jasa tidak professional atau hasil akhir yang tidak memuaskan. Jadi anda sebagai buyer, juga perlu tahu beberapa tips untuk memilih freelancer di Fiverr.

Berikut ulasannya.

Tips Penting yang Membantu Anda Menemukan dan Mempekerjakan Freelancer yang Baik

1. Baca Deskripsi dengan Jelas

Ini merupakan tips yang sebenarnya sangat basic tapi sangat penting. Mengingat kinerja orang levelnya berbeda-beda dan kesanggupannya untuk memenuhi keinginan kita sebagai buyer juga terbatas.

Jika anda ingin mempekerjakan freelancer, pastikan untuk membaca deskripsi sampai tuntas dan bandingkan dengan layanan yang diberikan seller lain. Setelah anda yakin bahwa penjelasan deskripsi dianggap lebih jelas, lengkap dan sesuai keinginan anda, maka masukkan seller terpilih dalam pertimbangan.

Namun jika anda belum begitu jelas, anda bisa mengkontak seller terlebih dahulu untuk mendapatkan penjelasan secara lebih jelas terlebih dahulu apakah mereka menyanggupi keinginan anda.

2. Buat List

Sebelum anda memanggil seseorang, maka pastikan anda mendaftar para seller dan gigs yang ditawarkan. Kontak kembali mereka satu per satu dan tanyakan apakah mereka mampu bekerja sesuai yang anda mau dan menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu.

Baca juga   Cara Memanfaatkan Grup Facebook untuk Mengembangkan Bisnis

Dengan cara ini anda bisa tahu mana seller yang bisa bekerjasama dengan baik dengan anda dan sesuai keinginan dan mana yang tidak sesuai keinginan.

3. Tanya Langsung

Di dalam Fiverr ada fitur Post a Request dimana anda bisa menaruh iklan pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh para freelancer. Jadi anda tinggal menyebutkan apa yang anda butuhkan oleh anda disini.

Dengan cara ini para freelancer yang aktif mencari pekerjaan bisa menawarkan diri untuk menyelesaikan apa yang anda mau. Para freelancer ini tentunya sudah membaca brief deskripsi pekerjaan yang anda abarkan. Begitu mereka apply, maka bisa dianggap mereka sudah bisa.

tips memilih freelancer fiverr 2

Jangan sampai freelancer pusing dengan penjelasan anda

4. Berikan Penjelasan yang Jelas

Freelancer bukan orang yang bisa baca pikiran anda. Apa yang anda mau dan apa hasil akhir yang diinginkan tidak bisa diterka-terka saja jika ingin hasil yang benar-benar maksimal.

Jangan anggap para seller di Fiverr paham apa yang ada dipikiran anda. Jadi anda perlu jabarkan sebaik mungkin. Dengan caa ini mereka bisa paham dengan apa yang anda maksud dan menyanggupi kemauan and ajika mereka bisa.

5. Saring dan Kontak Freelancer

Ketika anda mencari dan browsing freelancer yang tepat, maka pastikan anda mencarinya di kategori yang relevan dengan yang anda cari. Dan jika anda mencarinya via kolom pencarian, maka pilih sesuai hasil yang didapatkan di freelancer.

Jangan memilih freelancer yang sama sekali tidak menawarkan gig yang anda butuhkan agar tidak ada miskomunikasi dan tidak memenuhi ekspektasi.

Begitu anda mendapatkan seller yang menwarkan jasa yang dibutuhkan, kontak seller dan jabarkan siapa anda, apa yang sedang dikerjakan dan apa yang dibutuhkan untuk membantu anda. Jangan lupa sampaikan link dan lampiran yang menunjang penjelasan anda ke seller.

6. Pilih Jasa dengan Style Tertentu

Khusus untuk jasa desain atau video, maka sebaiknya anda mencari seller yang punya style gambar atau editing tertentu. Freelancer seperti ini biasanya sudah mengasah kemampuannya secara lebih detil dibanding seller yang menerima kerjaan secara umum.

Untuk mengetahui lebih jelas, anda bisa lihat gig yang mereka buat dan lihat sample gambar dan kalua memungkinkan portfolio mereka. Dengan cara ini anda bisa lihat lebih jelas style yang mereka kuasai dengan baik.

7. Investigasi Layaknya Profesional

Seperti yang sudah saya bilang diawal, system fiverr memungkinkan orang untuk memulai jasa apapun yang mereka anggap bisa.

Baca juga   Trik Melayani Customer Agar Membayar Produk Anda Secepat Mungkin

Sistem ini memungkinkan seller “berbohong” seperti mengambil hasil kerja orang lain atau menaruh screenshot template website saja. Kalau anda tahu ini, maka sebaiknya anda mulain mengindentifikasi dari portfolio secara real yang bisa dilihat, baca review dan bandingkan dengan deskripsi. Dengan begitu anda bisa mengetahui apakah hasil akhirnya sesuai dengan yang disampaikan.

8. Lihat Kualitas Portfolio

Sample hasil akhir kerja ini sangat penting. Biasanya para pekerja kreatif memasukkan hasil kerja mereka di website portfolio di situs seperti Behance, Dribbble atau websitenya sendiri. Untuk pekerjaan mereka tidak segan untuk menampilkan work in progress di media sosial.

Setelah anda melihat semua portfolio yang dapat dilihat, tinggal anda menganalisa apa benar karya mereka punya hasil akhir yang konsisten dan baik. Tanya langsung ke seller dimana anda bisa lihat hasil karya mereka.

9. Pilih Sesuai Niche

Misalnya anda punya bisnis developer perumahan dan anda sedang butuh orang yang bisa membuat video iklan untuk bisnis anda.

Agar hasil yang lebih baik, anda bisa mencari seller yang menawarkan jasa sesuai dengan market niche yang anda geluti. Sama seperti style gambar/video, seller yang bekerja dan punya spesialisasi biasanya sudah paham dengan bisnis yang anda geluti sekarang

RECOMMENDED
fiverr-vendor-logo
Registrasi
Daftar Fiverr
Sebuah online marketplace yang mempertemukan klien dan freelancer yang menyediakan...Show More
Sebuah online marketplace yang mempertemukan klien dan freelancer yang menyediakan berbagai jasa seperti desain, web, video, dsb. Show Less

Nah begitulah kira-kira tips untuk mencari freelancer yang tepat di Fiverr. Kuncinya adalah research dan Analisa terlebih dahulu gig yang anda suka dan minati dan apakah sesuai dengan yang anda butuhkan.

Jika kamu punya tips lainnya. Silahkan tulis di kolom komentar dibawah ini ya 😊

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩