Skip to main content

8 Alasan untuk Mengubah Tampilan Desain Website Kamu

By Januari 22, 2018Website
ganti tampilan desain website

Di masa saat ini, penilaian target audience untuk bisnis kamu sangat tergantung pada tampilan desain website. Jadi urusan mengubah tampilan desain website bukan sesuatu hal yang dapat disepelekan. Hal ini membutuhkan banyak pemikiran, waktu dan tentu saja uang, namun disisi lain bisa dapat sangat menguntungkan.

Hal yang menjadi penting untuk diperhatikan adalah proses redesign website bukanberarti mengganti secara keseluruhan elemen dari branding atau grafis yang sudah ada sebelumnya.

Faktanya, proses redesign website diperlukan hanya untuk memodifikasi website yang sudah ada menjadi lebih fungsional dan membantu kamu mendapatkan target marketing yang lebih baik. Intinya, website kamu adalah elemen fundamental untuk strategi marketing.

8 Alasan untuk Mengubah Tampilan Desain Website Kamu

1) Kamu Tidak Mendapatkaan Hasil Yang Diinginkan.

Apakah website kamu sangat menarik, fungsional dan keren? Bagus! Tapi jika kamu masih belum mendapatkan hasil yang kamu inginkan sebagai alat marketing, maka website kamu tak berguna. Website ada untuk menjadi pusat informasi pelanggan, dan data yang kamu miliki seharusnya mengetahui itu.

Jika kamu tidak senang dengan hasil yang ada, itu adalah saat yang tepat untuk merubah website.  Coba periksa data pengalihan dari pengunjung biasa menjadi pelanggan potensial yang kamu miliki, dari sana kamu akan mengetahui hal-hal mana saja yang perlu diperbaiki.

Ini adalah beberapa hal yang perlu kamu tanyakan sebelum masuk kedalam proses redesign website :

  • Apakah tombol-tombol “call to action” kamu mberhasil mengubah pengunjung menjadi pelanggan?
  • Apakah halaman utama website cukup menarik orang untuk menjelajahi lebih dalam website yang kamu punya?
  • Apakah website kamu terlalu banyak teks dan terlalu berputar-putar?
  • Apakah tampilan desain website kamu cukup baik untuk menggambarkan suara dan gaya perusahaan kepada target audience?

2) Tujuan Penggunaan Website Sudah Berubah

Jika perusahaan kamu seperti yang lainnya maka strategi pemasarannya terus berubah dan ingin terus ada perubahan. Kamu tentu saja tidak perlu untuk mengganti tampilan desain website setiap ada perubahan target marketing. Namun akan lebih baik jika tetap terus mencek apakah tampilannya cocok dengan rencana marketing yang ada sekarang.

Baca juga   11 Kriteria Website yang Baik untuk Menghasilkan Penjualan Melimpah

Hal ini menjadi penting untuk terus memperbaharui diri karena zaman yang terus berkembang dan kamu butuh sedikit perubahan setiap kali ada program pemasaran yang baru seperti pada layout, tambahan banner, atau penggantian background.

3) Website Kamu Memang Tidak Bekerja Dengan Baik

Ini memang sesuatu yang jelas diketahui dan biuasanya disebabkan karena beberapa elemen yang ada tidak efektif atau bisa saja kamu sendiri tidak tahu bahwa website itu memang tidak cukup efektif untuk menjaring banyak pengunjung.

Fungsionalitas memang harus menjadi fokus utama dalam membuat website — jika tidak, traffik pengunjung website kamu dan hal lainnya bisa sangat menderita di akhir. Coba tanyakan hal ini kepada dirimu sendiri :

  • Apakah pengunjung website bisa dengan mudah menemukan hal utama dari website kamu seperti informasi kontak?
  • Apakah navigasi website kamu memusingkan?
  • Apakah informasi konten kamu yang penting malah seolah tersembunyi?
  • Apakah produk dan jasa yang ditampilkan justru sudah lama dan tak berlaku lagi?

4) Kamu Punya Strategi Desain Web Yang Lebih Efektif

Jika kamu sudah mempertimbangkan untuk mengganti tampilan desain website, kemungkinan kamu sudah mempelajari beberapa hal dalam desain yang bisa efektif maupun yang tidak. Dengan mengetahui hal ini, maka kamu bisa melakukan pendekatan iteratif dengan menghubungan strategi pemasaran kamudengan kebutuhan target audience.

Kamu mungkin tidak dapat mengetahui perubahan kecil yang ada pada website yang biasa kamu kunjungi — biasanya brand yang sudah besar mempunya tim sendiri yang fokus untuk memerhatikan detail sekecil apapun.

Karena kamu bisa saja mempunyai sumber daya yang terbatas, maka harus diperhatikan untuk membuat segalanya sejelas mungkin dan memecahkan masalah yang ada. Tanyakan hal ini kepada diri kamu sendiri. :

  • Apakah pelanggan akan kecewa dengan perubahan besar-besaran pada website?
  • Apakah kamu sudah punya jawaban dari setiap pertanyaan dari pelanggan kamu ketika melakukan perubahan tampilan?
  • Bisakah kamu mengurangi pengeluaran dengan mengubah sedikit saja dari fotur utama yang ada?
ganti tampilan desain website

Alasan untuk mengganti tampilan desain website

5) Website Kamu Tidak Responsif

Lebih dari 17% akses internet yang melintas dilakukan melalui ponsel, bahkan bisa lebih. Adalah sesuatu yang salah jika kamu mengesampingkan hal ini.

Kenyamanan dalam mengakses setiap informasi website juga wajib dirasakan oleh pengguna mobile browser untuk mendapatkan pengalaman yang sama seperti dalam mengakses website melalui desktop.

Jadi hal ini harus menjadi pertimbangan utama bagi usaha kamu ketika ingin mengubah tampilan desain website.

6) Kamu Ingin Memiliki Strategi Konten Yang Lebih Baik

Ingin menambah banyak traffik pengunjung website yang lebih baik? Jargon “Content Is King” memang ada benarnya. Hal yang diperlukan bagi bisnis adalah orang bisa dapat langsung menemukan apa yang mereka cari dan mampu menarik mereka untuk mengklik jika ada informasi utama.

Baca juga   Kelebihan & Kelemahan Membuat Website Wordpress dengan Page Builder

Selain itu, tentu saja mesin pencari seperti Google dan Bing harus bisa menemukan informasi utama yang ada. Jika hal itu memang dibutuhkan, maka perubahan tampilan desain website adalah suatu kewajiban.

7) Kompetitor Kamu Mengupgrade Website Miliknya

Tentu saja kamu tidak ingin melakukan perubahan setiap kali kompetitor melakukan perubahan. Tapi apabila dengan perubahan website tersebut bisa menaikkan peringkat website di Google dan menendang website kamu jauh ke belakang maka itu adalah situasi gawat darurat untuk bisnis kamu sendiri.

Jika kamu mencoba untuk menelusuri website kompetitor tersebut dan membuat kamu cukup terkesan hingga akhirnya menelusuri tiap informasi yang ada di dalam website tersebut, maka itu juga artinya mereka berhasil mengalahkan website yang kamu punya.

8) Perangkat Pihak Ketiga Kamu Perlu Diperbaharui

Dalam dunia pengembangan web, maka akan selalu ada teknologi yang paling baru dan mutakhir dari sebelumnya. Kebanyakan website pada umumnya juga menggunakan perangkat pihak ketiga seperti widget dan plugin yang terus diperbaharui agar tetap terus bekerja dengan baik.

Selain itu update pada perangkat yang ada bisa menambal celah-celah seperti bug atau masalah keamanan yang mungkin ada pada versi sebelumnya. Jika hal itu semua harus dilakukan, maka kamu juga wajib untuk memperbaharui website kamu menjadi lebih baik dan update pada perkembangan terbaru.

 

Hal-hal diatas bukan untuk membuat kamu menjadi panik dan segera merubah tampilan desain website, namun tentu akan berguna ketika kamu bisa mengatasi sesegera mungkin masalah yang ada untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩