Skip to main content

Fitur & Apps Penting Untuk Website E-Commerce Berbasis Shopify (Part 1)

By Februari 18, 2018Maret 20th, 2020Website
Fitur Apps Website E-Commerce Shopify

Apps Penting Yang Harus Dimiliki Website E-Commerce Berbasis Shopify – Setelah hampir 3 minggu saya belajar menggunakan Shopify untuk membuat toko online / e-commerce website khususnya bisnis international dropshipping, saya sudah menemukan beberapa hal menarik dan penting untuk diaplikasikan bukan hanya untuk website e-commerce sistem dropship tapi juga website e-commerce secara keseluruhan.

Penting untuk dipahami bahwa mindset yang harus ditanamkan dalam berbisnis online, kita harus memperlakukannya selayaknya real business. Semua aspek harus diperhatikan dan dimaksimalkan penggunaannya. Berbisnis tidak hanya mengejar untuk semata tapi juga membangun fondasi yang kuat agar bisnis yang dibuat tetap kokoh, tidak mudah goyah dan bekerja secara simultan. Untuk mencapai bisnis yang seperti itu, kamu harus membangun bisnis dengan sistem.

Khusus dalam pembuatan website e-commerce, orang-orang yang terjun ke dalam dunia bisnis online banyak yang tidak memakai mindset yang tepat dan juga tidak membangun  sistem website yang baik dan maksimal.

Fitur & Apps Penting Untuk Website E-Commerce Berbasis Shopify

Nah, bagi kamu yang membuat website e-commerce berbasis platform Shopify, saya akan memberikan beberapa apps yang perlu/sebaiknya/harus dipakai untuk memaksimalkan bisnis online agar tercipta sistem yang baik. Kali ini saya akan bahas tentang Shopify dulu, beberapa waktu yang akan datang mungkin saya akan buat versi untuk WordPress Woocommerce 🙂

1. Facebook Pixel

Bagi yang belom tahu Facebook Pixel merupakan kode khusus yang dibuat khusus oleh Facebook yang ditanamkan di dalam sebuah website untuk men-tracking perilaku user ketika menjelajahi website kamu.

Dengan Facebook Pixel, kamu dapat melihat data secara komprehensif  apa saja yang dilakukan seseorang ketika melihat website kamu. Apa dia cuma lihat-lihat, memasukka email untuk berlangganan email, mencari sesuatu di website, browsing-brosing, klik tombol beli hingga proses pembelian dan beberapa hal lainnya.

Fitur Apps Website E-Commerce Shopify

Fitur Apps Website E-Commerce Shopify Facebook Pixel

Dari Facebook Pixel , kamu bisa menganalisa apa ada yang salah di website kamu sehingga mereka tidak menghasilkan konversi yang kamu harapkan. Facebook Pixel juga agak-agak creepy ya menurut saya, soalnya ketika Facebook bisa langsung mengambil data dari cookies pengunjung website.

Baca juga   Pengalaman 2 Minggu Saya Menggunakan Shopify dan Oberlo

Secara fungsi, data Facebook Pixel bisa digunakan untuk tracking konversi, retargetting, buat look a like audience data untuk Facebook ads, dan juga mengefekifkan iklan yang kamu buat.

2. Email Subscriber

Saya dulu sempet heran kenapa hampir semua website di luar negeri menyematkan fitur email. Ya bisa dibilang saya dulu menyepelekan email. Benar-bener deh ya, sekaran kalau inget hal itu saya ngerasa dulu tuh bodoh banget 😀

Fitur Apps Website E-Commerce Shopify

Fitur Apps Website E-Commerce Shopify – Spin A Sale

Email yang terkumpul bisa dibilang merupakan data penting yang menunjukkan siapa aja yang meminati produk kamu. Nah selain kamu bisa menggunakan email untuk kembali memfollow up orang-orang yang udah tertarik ini untuk memasarkan produk kamu yang lainnya. Kamu juga bisa menggunakan email yang terkumpul untuk dimasukkan ke Facebook Ads Manager untuk membuat custom audience.

Pokoknya pasang ya! Buat pemula kamu bisa pakai Mailchimp dan kalau customer kamu udah mulai besar bisa beralih ke InfusionSoft. Untuk apps email collectornya, saya pribadi suka Spin A Sale.

3. Fitur Upsell dan Cross Sell

Jadi kalau mau bisnis online, kamu harus bikin website kamu sebaik mungkin dengan sistem yang mampu memaksimalkan penjualan kamu. Nah salah satu hal yang bisa menaikkan pendapatan kamu dalam berjualan online adalah menggunakan teknik upsell dan cross sell alias menawarkan sesuatu yang lebih kepada customer agar lebih banyak membeli barang di toko online kamu.

Fitur Apps Website E-Commerce Shopify

Fitur Apps Website E-Commerce Shopify SMAR7

Nah salah satu apps terbaik untuk Shopify adalah SMAR7 Bundell Upsell, dengan memberikan alternatif produk, kupon diskon lanjutan dan berbagai teknik upsell lainnya. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak untuk untung jika customer tertarik membeli barang lainnya dari toko kita.

4. Funnel Landing Page

Yang baru saya pahami tentang internet marketing baru-baru ini dan sangat perlu dilakukan adalah funneling. Funnel merupakan strategi marketing untuk mengerucutkan pengunjung website yang tertarik mengunjungi website anda menjadi prospek  hingga berakhir menjadi customer.

Baca juga   Rahasia Developer Website Yang Tidak Ingin Diketahui Orang Awam

Nah ini, kamu perlu membuat landing page yang khusus yang dibuat untuk tujuan tertentu sesuai yang kamu target. Teknik funneling belom saya bahas disini (kamu bisa coba googling dulu ya :))

Fitur Apps Website E-Commerce Shopify

Fitur Apps Website E-Commerce Shopify – Funnel

Funneling ada tahapannya dan tahapan itu bisa berawal dari menawarkan sesuatu yang menarik seperti giveaway, produk gratis, dan masih banyak lagi guna mendapatkan leads yang bisa diprospek hingga menjadi customer Anda.

Khusus Shopify, kamu bisa bikin landing page ini dengan Shogun, namun juga bisa mengintegrasikannya dengan produk khusus funneling seperti Clickfunnels, Wishpond dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Jadi intinya, ketika memulai bisnis online maka kamu harus punya mindset yang tepat. Jangan mengharapkan pengunjung akan datang ke website kamu dengan sendirinya. Kamu butuh langkah lanjutkan untuk mengundang mereka mengunjungi website kamu lalu dilakukan proses lanjutan untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli.

Kamu juga perlu memaksimalkan sistem dalam website yang mumpuni agar bisa melejitkan bisnis kamu secepat mungkin dengan menggunakan fitur dan strategi yang tepat.

Ya mungkin untuk sementara baru itu dulu yang bisa saya sampaikan, saya akan membuat artikel tips-tips ini menjadi berseri. Kemungkinan juga saya akan buat untuk website Woocommerce bagi yang menggunakan WordPress untuk membuat websitenya. Jadi stay tune!

Jangan lupa follow facebook page saya untuk dapetin update artikel baru setiap harinya. Jika ada komentar silahkan tulis di kolom komentar dibawah 🙂

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩