Skip to main content

Kelebihan & Kelemahan Membuat Website WordPress dengan Page Builder

By September 18, 2018Website
page builder wordpress drag and drop

Kini membuat website tidak seeribet dahulu karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Tanpa bantuan pengetahuan coding sekalipun, Anda dapat membuat website yang menarik. Semua itu tentu saja berkat munculnya berbagai plugin page builder khususnya untuk CMS WordPress.

Plugin Page Builder WordPress memang sudah mulai meraih pamor diantara pengembang website beberapa tahun yang lalu. Ada yang gratis dan ada jug ayang berbayar. Beberapa plugin yang sudah terkenal dan banyak digunakan seperti Elementor, Visual Composer, Beaver Builder, Divi Builder, Themify, dan Thrive Architect.

Nah sekarang saya ingin memberikan sedikit pengenalan dasar buat yang ingin membuat website dengan page builder. Setelah Anda paham kelebihan dan kekurangannya, Anda tinggal memutuskan apa tetap ingin menggunakan plugin ini atau tidak.

Untuk memudahkan Anda, kami akan membahas semuanya di sini.

Kelebihan Membuat Website WordPress dengan Plugin Page Builder

1. Fitur Lengkap

Kesulitan yang sering ditemukan pemula dalam membuat website adalah kesulitan menggunakan fitur-fitur menarik ke dalam sebuah halaman.

Dengan menggunakan page builder, beberapa fitur yang essensial untuk tampilan website jaman sekarang sudah banyak yang ter-cover seperti galeri carousel, slider, kolom untuk layouting, tombol sharing, tombol CTA (call-to-action), tabel harga dan masih banyak lagi.

Kalau zaman sebelum adanya page builder, Anda biasanya perlu menginstall 1 plugin terlebih dahulu untuk mendapatkan 1 fitur. Semakin banyak fitur yang diinginkan maka akan semakin banyak plugin yang perlu di-install.

2. Mempermudah Proses Layouting

Yang menjadi faktor utama banyaknya orang yang menggunakan Page Builder karena mampu mempermudah proses layouting alias mengatur tata letak.

Dengan page builder, Anda dapat mengubah beberapa bagian pada website seperti mengurangi ukuran header tanpa harus mengubah code CSS atau HTML. Anda hanya perlu melakukan drag and drop guna menambahkan bagian-bagian spesifik pada website Anda. Semudah membalikkan telapak tangan 😀

Baca juga   [Review] Thrive Membership : Solusi Membuat Website Perusahaan Terbaik

page builder wordpressNah beberapa template yang sudah mendukung penggunaan page builder bahkan sudah memasukkan berbabagai opsi pilihan layout instan. Tentunya akan ssangat mempermudah dan mempercepat pengerjaan mendesain halaman website.

Namun sayangnya kebanyakan template premium/berbayar lah yang sudah memberikan opsi ini. Kalau Anda bersedia mengeluarkan beberapa ratus ribu untuk membeli template premium, maka saya rekomendasikan dengan cara itu saja.

3. Tidak Memerlukan Keahlian Coding Terlalu Expert

Bagian menarik lainnya, plugin page builder dapat mempersingkat waktu pengerjaan sebuah website karena Anda tidak perlu pusing-pusing menuliskan deretan code yang tepat. Apalagi bagi Anda yang tidak pernah belajar coding, pasti akan sangat sulit.

Benar, berbekal page builder Anda bahkan tidak memerlukan kemampuan coding sama sekali karena anda tinggal menaruh fitur yang Anda inginkan dengan sistem drag & drop.

Namun saya sarankan agar Anda sedikitnya tahu sedikit kode-kode basic HTML dan CSS. Kadang ada kondisi Anda perlu memasukkan atau mengedit sesuatu yang tidak bisa diakomodir dengan page builder. Dengan custom CSS atau input HTML sendiri akan bisa mendapatkan hasil desain layout yang cocok dengan yang dibutuhkan.

Kelemahan Membuat Website WordPress dengan Plugin Page Builder

Plugin page builder memang menawarkan kelebihan berikut kemudahan yang tidak dimiliki plugin lain. Hanya saja, tidak ada hal yang benar-benar sempurna. Termasuk untuk membuat website dengan page builder ini.

Membuat website dengan page builder di WordPress juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut saya jabarkan beberapa kelemahan plugin page builder WordPress.

1. Plugin Page Builder Harus Terus Diaktifkan

Ide dasar dari munculnya plugin ini adalah menterjemahkan shortcode tertentu menjadi tampilan layout dari kode mentah yang dibuat oleh developer plugin.

Jika dulu teknik shortcode muncul untuk membuat simpel peletakkan fitur, maka page builder lebih canggih lagi dengan menterjemahkan berbagai macam shortcode dlaam tampilan interface yang lebih mudah dengan teknik drag & drop.

Namun agar penterjemahan berbagai shortcode ini tentap tampil dengan baik di halaman front-end maka plugin ini harus terus aktif. Jika plugin dinon-aktifkan maka tampilan front-end akan kembali menjadi kode-kode shortcode yang berantakan.

Baca juga   Curhat Kesal Jasa Desain Grafis dan Pembuat Website Murah di Indonesia

2. Kecepatan Website Berkurang

Banyaknya fitur yang dihandle dalam satu plugin atau menggunakan banyak plugin per fitur sebenarnya sama saja. Karena intinya semakin banyak fitur yang digunakan, maka akan memperngaruhi performa website secara keseluruhan.

Performa website tentu segaris lurus juga dengan pengaruh lama loading website. Jika website Anda lambat di-load, maka berpengaruh ke SEO. Google akan lebih mudah mengindex website yang mempunyai performa yang baik karena lebih cepat didapat datanya.

Beberapa developer mengakali ini dengan menggunakan plugin caching dimana akan sangat membantu saat proses indexing Google.

3. Sedikit Banyak Butuh Keahlian Desain/Layouting

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh plugin page builder, bukan berarti website Anda akan lebih bagus dengan begitu saja.

Intuisi estetik orang berbeda-beda khususnya dalam penilaian desain yang baik. Saya pribadi sering menemukan kok orang-orangyang coba-coba bikin website sendiri namun hasilnya mengecewakan. Padahal mereka sudah menggunakan plugin ini dan template premium sekalipun.

Hal ini dikarenakan user yang tidak memiliki keahlian dalam mendesain, bukannya website terlihat menarik, tapi malah tampil sebaliknya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga mempelajari desain website agar tampilan website Anda lebih menarik.

Car apaling mudah adalah mencari website kompetitor Anda dan coba duplikasi. Kalau punya kompetitor sudah buruk, maka cari website perusahaan luar negeri dengan industri sejenis yang memiliki desain website yang bagus.

 

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩