Skip to main content

[PENTING!] Pengertian dan Kegunaan SSL untuk Website Anda

By Oktober 14, 2018Website
pengetian kegunaan ssl

Jadi teknologi semakin berkembang dan tentunya makin banyak yang perlu dipelajari. Dalam beberapa tahun ke belakang ada tren yang semakin meningkat dan harus diperhatikan oleh pembuat website dan kliennya entah itu perusahaan atau untuk kepentingan personal.

Tren yang sudah menjadi kewajiban bagi semua website saat ini (menurut saya) yaitu penggunaan SSL pada website. Penggunaan sertifikat SSL menjadi semakin penting setelah update algoritma Google menyebutkan website dengan yang telah ditanam enkripsi SSL akan mendapatkan hasil peringkat pencarian lebih di search engine mereka.

Khususnya untuk Anda yang tidak bergelut dengan hal-hal teknis dalam website pasti bertanya-tanya apa itu sebenarnya sertifikasi SSL? Beriut akan kami jelaskan gambaran mudahnya.

Pengertian dan Kegunaan SSL untuk Website Anda

Pengertian SSL

SSL adalah protokol keamanan yang bertugas untuk mengamankan pertukaran data pada jaringan internet, khususnya situs website dan aplikasi.

Istilahnya mudahnya data yang diinput dari website akan langsung terkoneksi dengan jaringan server secara terang-terangan. Namun dengan adanya SSL, data yang dikirimkan tersebut akan diubah dahulu agar tidak terbaca dengan mudah oleh orang yang tidak punya akses otoritas.

Jika menggunakan SSL maka setiap data yang diproses melalui situs akan terenkripsi dan tidak mudah untuk dibaca oleh user yang tidak mempunyai otoritas.

SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer yang dibuat oleh Netscape Communication yang memang dibuat untuk mengamankan pertukaran data melalui jaringan internet. Jadi data-data penting seperti data pelanggan hingga password tidak telanjang dapat dibaca oleh pengguna internet yang berniat jahat.

Ada perbedaan antara website yang menggunakan SSL dan tanpa SSL, salah satunya adalah perlakukan dari Google. Google akan lebih mengutamakan website yang menggunakan SSL daripada yang tanpa SSL. Manfaat – manfaat lain akan kami bahas pada bagian selanjutnya.

Kenapa harus menggunakan SSL?

Internet terus berkembang dan kini orang-orang semakin kenal dan mudah mengakses sejak banyaknya smartphone, perkembangan teknologi dan perbaikan infrastruktur.

Tentu saja internet yang menawarkan berbagi informasi tanpa batas mempunya banyak manfaat dalam peradaban manusia.

Sayangnya, internet tetap saja tidak menawarkan sisi baik namun juga sisi buruk dimana informasi yang dimasukkan juga bisa diambil oleh pihak tidak bertanggung jawab jika tidak memperhatikan sektor keamanan. Padahal keamanan menjadi hal yang sangat penting, apalagi jika Anda menjalankan bisnis secara online. Jika tidak aman, situs web atau sistem bisa menjadi sasaran yang sangat mudah diretas secara ilegal.

Pada tahun 2015 saja terjadi sebanyak 36,6 juta percobaan peretasan situs di Indonesia dengan total kerugian dalam 3 tahun mencapai 33 milyar, jumlah ini tentu akan semakin banyak seiring semakin banyaknya koneksi jaringan internet di Indonesia.

Baca juga   Tips Menaikkan dan Cara Tes Kecepatan Website Milik Anda (2018)

Ada banyak cara untuk mengamankan website Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti demikian. Salah satunya adalah penggunaan sertifikat SSL. SSL menjadi salah satu solusi untuk sistem keamanan situs Anda karena sifatnya yang menutupi data hasil input agar tidak mudah dibaca. Tidak hanya itu, SSL juga bisa meningkatkan SEO pada situs web Anda dikarenakan Google juga menggunakan SSL dan HTTPS sebagai pertimbangan dalam menentukan hasil pencarian.

Keuntungan Menggunakan SSL

  • Pertukaran Data Lebih Aman : Enkripsi yang digunakan SSL adalah menggunakan dua kunci, yaitu public_key dan private key sehingga data yang diproses cukup aman. Informasi yang diproses menggunakan SSL dan HTTPS akan dienkripsi dengan menggunakan dua kunci tersebut.
  • Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung : SSL dan HTTPS juga dipercaya bisa membuat kepercayaan pengunjung meningkat terhadap situs web dibanding dengan situs web yang tidak menggunakan SSL dan HTTPS sebagai protokol keamanannya. Jika situs web Anda menggunakan SSL dan HTTPS maka pengunjung akan mempunyai pandangan bahwa segala data yang diproses pada situs web tersebut cukup aman.
  • Meningkatkan Peringkat Pada Mesin Pencari : Google beberapa waktu yang lalu mengumumkan bahwa HTTPS menjadi pertimbangan dalam menentukan posisi dalam mesin pencari. Pertimbangannya adalah untuk memastikan bahwa pengguna bisa menggunakan internet dengan aman.

Cara Mengindetifikasi Website yang Sudah Menggunakan SSL

Jika Anda amati, terkadang pada halaman website pada bagian URL situs ada gembok yang berwarna hijau atau hitam. Ada yang dengan dan tanpa nama penyedia SSL. Gembok hijau pada alamat URL merupakan tanda bahwa website tersebut menggunakan protokol HTTPS.

Pada saat menerapkan HTTPS pada URL website pastikan jika sertifikat SSL sudah berhasil terpasang dengang benar. Jika ada masalah pada pemasangan SSL maka situs web pada saat diakses akan memunculkan halaman “not secure”.

Contohnya enkripsi data username dan password yang menggunakan SSL :

Username : cincun
Password : w4kaCaO

Setelah terenkripsi akan menjadi :

Username : IU*(J(K$&)%dKH
Password : *7hkhjGa6#4$k

Ini akan menyulitkan komputer yang tidak mempunyai hak akses melihat data asli Anda.

Jika Anda merupakan pemilik bisnis dan mendelegasikan pembuatan website dan menemukan website Anda belum terpasang, maka segeralah mengontak mereka untuk memperbaikinya.

pengetian kegunaan ssl

Jenis-Jenis Sertifikat SSL

Pada dasarnya level enkripsi pada setiap server sama, perbedaanya terletak pada informasi yang ditampilkan pada sertifikat. Informasi yang lengkap akan memberikan kepercayaan bagi pengunjung maupun sistem lain yang berhubungan dengan situs web Anda.

Berikut ini merupakan 3 jenis SSL yang biasa  kerap digunakan dari beberapa tipe.

1. Business Validation

Sertifikat SSL Business Validation hanya bisa dibuat jika Anda mempunyai dokumen bisnis yang jelas. Informasi tambahan akan muncul pada segel situs aman (gembok hijau) pada browser jika klik. Tingkat verifikasi perlu memberikan dokumen – dokumen mengenai bukti identitas organisasi/perusahaan. Ini lebih lama prosesnya karena harus dicek dokumennya.

2. Domain Validation

Sertifikat SSL Domain Validation tidak memerlukan data, jadi Anda secara personal bisa menggunakan sertifikat ini pada beberapa situs web. Tidak memerlukan identitas perusahaan atau bisnis yang sedang dijalankan. Validasi domain cuma berdasarkan alamat email yang dihosting pada domain tersebut

Baca juga   Fitur & Apps Penting Untuk Website E-Commerce Berbasis Shopify (Part 1)

Biasanya penyedia hosting dan domain memberikan sertifikat ini secara gratis bagi kliennya. Sehingga Anda tidak perlu membayar kembali untuk menggunakan layanan SSL Domain Validation.

3. Extended Validation

Sertifikat Extended Validation hampir sama dengan Business Validation namun lebih menawarkan tingkat keamanan yang lebih dibandingkan dengan sertifkat SSL lainnya.

Ini tingkat validasi paling tinggi. Selain dokumen – dokumen diatas juga nanti alamat pihak pengaju akan dikirimkan surat untuk verifikasi. Pernah lihat alamat website di browser selain warna gembok hijau juga ada nama perusahaan? Ya ini efek dari EV SSL.

Kesimpulan

SSL sangat disarankan bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis, terutama jika situs web yang Anda gunakan merupakan sebuah eCommerce dan ingin mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian Google. Dengan adanya SSL maka Anda semakin memberikan rasa nyaman bagi pengunjung maupun pemilik situs web. Tentu saja kita tidak mau bermasalah dengan data-data customer jika terjadi kebocoran.

Ada banyak penyedia hosting dan domain yang menyediakan layanan SSL. Bahkan ada beberapa penyedia yang menyediakan layanan SSL ini dengan gratis tanpa Anda perlu membayar.

 

 

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩