Skip to main content

Rahasia Developer Website Yang Tidak Ingin Diketahui Orang Awam

By Januari 19, 2018Maret 20th, 2020Teknologi, Website
rahasia pembuat website awam

Rahasia Developer Website Yang Tidak Ingin Diketahui Orang Awam – Banyak sekali orang awam yang ingin membuat website entah itu buat kebutuhan bikin toko online, buat blog, portal berita atau yang lainnya namun terbentur kendala skill yang mereka tidak punya. Jujur saja, bagi kamu yang senang belajar, membuat website itu tidak terlalu sulit bagi kamu yang mau mencoba dan agak-agak familiar dengan dunia internet.

Ada beberapa hal yang sebenarnya tidak pernah kamu ketahui yang sebenarnya sangat mudah dipelajari asal kamu mau belajar. Namun memang ada proses yang harus kamu jalani dan pelajari lebih lanjut jika ingin mendalami lebih lanjut. Namun untuk sekedar bisa, Saya bakal kasih tau beberapa hal yang tidak pernah diberi tahu oleh para pengembang website kepada klien-klien mereka yang dianggap awam.

 

Buat Website Harus Bisa Coding

Ini adalah pernyataan yang paling sering didengar yang membuat dunia seakan runtuh karena terbayang sulitnya pekerjaan ini. Ngeformat artikel di Word aje susah apalagi bikin ginian! Begitulah kira-kira anggapannya 😀

Nah bagi kalian yang ingin buat website sendiri maka jangan bersedih hati karena berbagai platform CMS mampu menjadi solusi kamu. Platform CMS yang saya sampaikan disini seperti WordPress, Joomla, Drupal atau untuk website khusus toko online kamu bisa pakai Shopify, Prestashop atau Bigcommerce. Buat kamu yang suka produk lokal, bisa cek YukBisnis.

Kalau saya sendiri sudah familiar banget dengan CMS WordPress. Buat toko online ini juga undah ada plugin Woocommerce sebagai kamulan. Ratusan plugin dan template pun sudah tersedia.

Nih link video yang bisa kamu liat untuk belajar buat website pakai WordPress : Klik disini

rahasia developer website

rahasia developer website – foto dari Theme Fusion

Bikin Website Yang Bagus Susah

Kalau udah yuk Saya kasih tau trik selanjutnya. Kalau kamu udah familiar dengan cara pembautan website terus udah gonta ganti template website gratisan yang disediain WordPress namun masih gak puas juga, maka mungkin kamu harus coba pakai template premium alias template berbayar.

Baca juga   Pengalaman 2 Minggu Saya Menggunakan Shopify dan Oberlo

Saya sendiri kalau bikin website apapun selalu beli template premium karena pilihannya banyak dan bisa dicari sesuai peruntukkannya. Ada template buat bisnis, blogging, marketplace, edukasi, hiburan dan masih banyak lagi. Saya biasanya beli template di Themeforest atau Creative Market. Namun Themeforest selalu jadi pilihan utama Saya sih.

Para developer template ini tentunya udah bikin website demo dari template bikinan mereka. Gak tanggung-tanggung, 1 jenis template bisa mereka otak-atik sendiri dan dibikin ke berbagai macam demo untuk peruntukan yang beda-beda. Nah demo-demo ini bakal bisa langsung kamu copy langsung isinya sama persis (beberapa gak termasuk gambar), jadi kamu gak perlu susah” bikin web dari awal dan tinggal gunta-ganti kontennya aja 🙂

Percaya atau enggak, banyak perusahaan startup maupun yang udah besar sekalipun masih menggunakan platform CMS WordPress untuk bikin website mereka. Bahkan Saya sendiri pernah bikin aplikasi internal buat salah satu perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia dari WordPress kok 😀

Kok Layout Website Itu Keren Banget Ya?

Kalau kamu liat website-website perusahaan di luar negeri yang masuk nominasi desain terbaik di website AWWWARDS , beberapa diantara mereka banyak pakai CMS WordPress kok. Dan kalau kamu mau bikin website yang kerennya kaya mereka juga gak mustahil asal punya sedikit banyak pengetahuan tentang desain dan layout yang baik.

Untuk bikin layout yang keren, udah banyak developer yang bikin plugin drag & drop builder yang gampang banget digunain sama orang awam. Dari data hasil import yang kamu dapet dari premium template yang udah dibeli, kamu bisa otak atik lagi sendiri dan tambah ini itu sampai sesuai keinginan kamu.

Baca juga   Toko Online Shopify vs Woocommerce. Mana Yang Lebih Bagus?

Penutup

Membuat website sendiri dengan menggunakan CMS memang bisa dibilang gampang karena segalanya udah makin dibuat mudah sama para developer template dan pluginnya. Namun menurut Saya yang menentukan website itu bagus atau tidak itu bukan berdasarkan penilaian subjektif. Yang kamu anggap bagus belum tentu bagus dari mata pengunjung website.

Ada banyak faktor yang bisa menunjang baik atau tidaknya sebuah website. Dari desain, user experience, SEO, dan lain sebagainya. Nah dibagian ini lah yang harus kamu pahami bahwa bikin website coba-coba memang mudah, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus tetep panggil ahlinya. Dimana dilihat dia ahli? Ya liat portfolionya dong. Kalau memang portfolionya bagus maka Ia pantas dihargai mahal.

Selanjutnya Saya bakal bahas kenapa sih lo harus menghargai dan bayar mahal orang yang jago desain dan bikin website dengan portfolio yang baik 🙂

Informasi Penting!!

Bagi kamu yang berminat buat beli template premium atau file digital lainnya namun tidak punya kartu kredit atau Paypal (rata-rata semua website luar negeri pembayaran harus pakai Kartu Kredit) maka kamu bisa minta bantuan Pusatpreorder.com untuk bantu beliin ya.

Info lebih lanjut klik link disini : Jasa Beli Template WordPress dan File Digital Lainnya

 

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩