Skip to main content

Toko Online Shopify vs Woocommerce. Mana Yang Lebih Bagus?

By Januari 20, 2018Maret 27th, 2020Featured, Website
Shopify vs Woocommerce

Bagi kamu yang berminat untuk membuat bikin website toko online/e-commerce sendiri dengan menggunakan WordPress atau Shopify, maka kamu akan mendapatkan dilema di awal dalam memilih platform yang terbaik untuk kamu.

Review ini sih cuma tulisan selingan bagi saya yang ditulis berdasarkan pengalaman saya menggunakan kedua platform tersebut dalam membuat toko online dan isinya mungkin gak bakal terlalu mendalam dan spesifik.

Beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan didalam membuat toko online dengan menggunakan platform tertentu diantaranya biaya, kemudahan penggunaan, metode pembayaran, integrasi untuk fitur tambahan dan juga skalabilitas.

Jujur aja, Saya menulis artikel ini disaat masih pengalaman penggunaan Saya masih minim dan perlu lebih banyak otak-atik lagi. Saya menggunakan Shopify karena sembari belajar international dropshipping. Jadi mungkin sedikit banyak agak kurang mendalam, dan jika pembaca merasa tidak setuju silahkan kita diskusi dengan kolom komentar  dibawah ya 🙂

Yuk masuk ke materi artikelnya.

Perbedaan Shopify vs Woocommerce

Shopify merupakan platform e-commerce yang memudahkan kamu untuk membuat toko online secara cepat dan instan tanpa harus memikirkan hal-hal seperti hosting, keamanan website, caching dsb.

Sedangkan Woocommerce merupakan plugin tambahan berupa open source yang dibuat khusus untuk platform WordPress. Dengan plugin Woocommerce kamu bisa merubah dan memperkaya WordPress yang tadinya hanya platform blogging menjadi sebuah toko online.  Dengan platform ini, memungkinkan kamu untuk memperkaya fitur website toko online kamu menjadi sesuai keinginan karena sifatnya open source.

Keputusan penggunaan kedua jenis platform tersebut benar-benar tergantung kebutuhan dan level skill kamu dalam membuat website.

Segi Biaya / Budget

Biaya merupakan sesuatu yang menjadi pertimbangan dasar bagi pebisnis online terlebih bagi kamu yang baru mulai. Dengan masa trial 14 hari untuk coba-coba penggunaannya. Nah lepas dari 2 minggu tersebut, kamu akan diminta menentukan plan mana yang paling cocok untuk bisnis kamu. Biaya yang dibebankan sudah termasuk domain, SSL dan web hosting dan akan ditagih setiap bulan.

Namun biaya tersebut tidak termasuk biaya tambahan dari tiap-tiap apps/plugin yang kamu install untuk memperkaya fitur toko online kamu. Selain itu Shopify juga membebankan biaya 2.9%an untuk setiap transaksi yang dibuat jika kamu memakai metode pembayaran Shopify Payments. Jadi ketika bisnis kamu berkembang, Shopify bakal men-charge lebih banyak uang buat kamu nantinya.

Sedangkan untuk penggunaan Woocommerce kamu akan butuh biaya tambahan untuk SSL, domain dan web hosting. Biaya ini bisa lebih mahal dan bisa lebih murah. Beberapa hosting sudah banyak yang menawarkan paket bundling khusus toko online yang biaya bulanannya akan lebih murah dibanding Shopify. Woocommerce juga tidak membebankan biaya tambahan untuk tiap transaksi.

Baca juga   Teknik Membangun Personal Branding di Dunia Digital 2018

Kelebihan lain dari Woocommerce dibandi Shopify adalah begitu banyaknya pilihan plugin gratis yang powerful dibanding apps penunjang Shopify yang memakan banyak biaya bulanan.

Kemudahan Penggunaan Shopify vs Woocommerce

Kebanyakan orang yang membua toko online adalah bukan seorang desainer atau developer website. Untuk kemudahan penggunaan dan pengaturan setting toko online, dari yang Saya amati dan coba-coba langsung faktanya memang pembuatan toko online melalui Shopify lebih mudah dibanding dengan Woocommerce.

Hal ini dikarenakan Shopify memang merupakan platform yang benar-benar didesain secara khusus untuk pembuatan toko online sedangkan Woocommerce merupakan pelengkap fitur WordPress yang aslinya merupakan platform blogging.

Untuk jenis toko online dasar dan baru mulai Shopify memang sangat mudah untuk diintegrasikan untuk aplikasi tambahan kamulan untuk kebutuhan input produk, metode pembayaran, hingga marketing.

Namun dari segi fleksibilitas website, Woocommerce memang lebih banyak kemungkinan yang bisa diotak-atik untuk membua toko online yang sesuai dengan keinginan kamu.

Shopify vs Woocommerce

Shopify vs Woocommerce

Metode Pembayaran Shopify vs Woocommerce

Shopify memang menggunakan metode pembayaran yang lazim digunakan oleh seluruh toko online di dunia. Jadi segala transaksi biasanya menggunakan kartu kredit yang diintegrasikan dengan aplikasi pembayaran seperti Paypal, Stripe dan masih banyak lagi. Untuk pasar Indonesia, Shopify Payments belum menyediakan untuk seller dari Indonesia nih guys. Jadi kamu harus pake Paypal atau Bank Transfer manual.

Karena saya dulu biasa bikin toko online dengan Woocommerce, jadi saya lebih senang dengan platform ini karena saya secara basic sudah paham untuk setting WordPress khususnya Woocommerce.

Disamping itu ada beberapa developer Indonesia yang menjual plugin pembayaran, ongkos kirim dengan kurir Indonesia (Shopify juga ada sih) dan juga formulir konfirmasi pembayaran sesuai ID transaksi yang enak mudah digunakan.

Integrasi Plugin /Add-On Shopify vs Woocommerce

Kalau masalah ini harus langsung Saya bilang kalau Woocommerce menang jauh dibanding Shopify. Ada jutaan plugin gratis dan berbayar yang bisa menunjang fungsionalitas website kamu biar jadi lebih baik. Kebanyakan plugin premiu untuk Woocommerce dijual dengan metode beli putus namun bantuan support kalau ada kendala tentunya.

Kalau mau otak-atik penggunaan website, Woocommerce keren banget deh pokoknya. Beda dengan Shopify yang apa-apa add-onnya banyak yang berbiaya dan dicharge bulanan. Jadi kalau usaha kamu profitnya gak seberapa nanti bisa engap-engapan di tengah jalan.

Skalabilitas Shopify vs Woocommerce

Taro lah bisnis kamu ternyata berkembang sangat cepat. Cieeeee . . . Maka lo bakal butuh lebih banyak lagi hal-hal yang perlu diselesaikan dan dipikirkan agar bisnis kamu tetap berjalan lancar.

Karena ketika bisnis kamu berkembang pesat, maka nanti infrastruktur website kamu juga akan perlu lebih banyak lagi tambahan plugin atau add-on. Dan untuk masalah ini, Saya rasa Shopify emang lebih mudah dan gak terlalu bikin banyak sakit kepala dibanding Woocommerce perihal upgrading dan maintenance website.

Baca juga   Kelebihan & Kelemahan Membuat Website Wordpress dengan Page Builder

Ketika biaya bertambah pun, kamu bakal bisa meminimalisir penggunakan karyawan tambahan khusus penanganan website karena semua udah diatur dan disiapkan oleh Shopify.

Berbeda dengan Woocommerce yang harus kalian pikirkan sendiri biaya hosting, domain, upgrade ini itu, tambah security dan sebagainya. Namun kelebihannya adalah dengan Woocommerce kamu bisa lebih memegang kendali akan website kamu dan tidak perlu membayar apapun yang tidak perlu.

Namun biasanya sebagai business owner yang gak mau ribet, mereka lebih milih keluar duit yang penting bisnis lancar. Bener gak sih?

Jadi mana yang lebih baik antara Shopify vs Woocommerce?

Seperti yang Saya bilang diawal, semua tergantung kebutuhan. Kalau Saya sendiri lebih memilih untuk pakai Woocommerce karena toko online kita bisa diapa-apain lebih banyak dan oke dibanding Shopify. Namun kalau kamu sendiri gak ada basic web development mending ke Shopify dengan catatan bisnis model kamu emang gak terlalu butuh kostumisasi website yang lebih.

Kalau Saya pribadi pakai Shopify cuma buat usaha bisnis model dengan sistem dropshipping seperti yang udah Saya bahas di artikel sebelumnya. Yang terbaik buat kamu? Ya silahkan pilih sesuai kebutuhan kamu lah 🙂

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩