Skip to main content

Tips Menaikkan dan Cara Tes Kecepatan Website Milik Anda (2018)

By Oktober 19, 2018Website
Tips Menaikkan dan Cara Tes Kecepatan Website Milik Anda (2018)

Tips Menaikkan dan Cara Tes Kecepatan Website Milik Anda – Banyak beberapa pemula yang tidak tahu bahwa mempunyai website dengan kecepatan loading yang tinggi sangat penting. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan jika Anda memiliki website dengan kecepatan loading yang baik.

Nah sebelum masuk ke tips cara menaikkan kecepatan website Anda, saya akan jabarkan dulu alasan kenapa halaman website harus cepat diakses oleh pengunjung. Dalam artikel ini saya juga akan memberikan cara mengetes kecepatan loading website Anda dan mengetahui bagian mana saja yang membebani loading website.

Tips Menaikkan dan Cara Tes Kecepatan Website Milik Anda

Kenapa Website Harus Punya Kecepatan Loading yang Cepat?

Untuk membahas kenapa maka ada 2 faktor yang harus diperhatikan. Pertama adalah dari sisi SEO dan satu lagi dari sisi user experience. Kenapa?Berikut ini adalah beberapa alasan yang dapat Anda pertimbangkan untuk membuat situs web yang cepat.

Faktor Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau biasa dikenal sebagai SEO merupakan alasan utama agar website Anda mampu mendapatkan peringkat website yang baik. Nah selain isi konten yang dioptimisasi, kecepatan website juga mempengaruhi peringkat webstite anda di hasil pencarian search engine seperti Google dan Bing.

Sebenarnya ini lebih berpengaruh pada saat proses indexing halaman oleh Googlebot. Jadi ketika Googlebot bekerja untuk memindai suatu halaman website, mereka akan mencoba men-load halaman tersebut layaknya pengguna biasa. Jika loading terlalu lama maka bisa saja halaman website Anda tidak tampil di halaman pencarian Google alias di-skip.

Nah kalau sudah begini, sebagus apapun proses SEO pada konten akan jadi sia-sia karena halaman anda tidak tampil di search engine. Menurut survey rata-rata website di dunia butuh 22 detik untuk benar-benar di-load, namun rata-rata pengguna banyak meninggalkan website ketika baru 3 detik proses load halaman. Jadi ini adalah PR yang besar untuk Anda.

Kecepatan mungkin bukanlah faktor yang sangat mempengaruhi SEO pada situs web, melainkan juga ada faktor-faktor lain seperti backlink, konten, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, salah satu keinginan Google adalah menyediakan hasil pencarian dengan kualitas situs web yang baik dan kecepatan loading website adalah salah satu komponen yang menentukan.

Faktor Kenyamanan Pengunjung (UX)

Seperti yang saya bilang pada hasil penelitian diatas bahwa banyak pengunjung website yang “tidak sabaran” saat mengakses suatu situs. Pengunjung setidaknya akan tetap mengunjungi halaman website jika sudah dapat dibuka dalam waktu kurang dari 3 detik. Itu PR yang sangat besar dan perlu diperhatikan.

Jika website Anda bahkan sangat lama untuk di-load maka tentu akan merugikan pemilik website yang memiliki pengunjung, tetapi tidak dapat membuka halaman situs web miliknya. Efeknya adalah anda kehilangan potensi pengunjung baru atau bahkan customer baru jika website anda untuk bisnis.

Beberapa indikasi situs web tergolong lambat kinerja yang kurang baik antara lain sebagai berikut.

  1. Bounce rate yang tinggi. Bounce rate merupakan persentase pengunjung yang meninggalkan web/blog anda setelah hanya membuka satu halaman saja. Biasanya nilainya sangat besar. Besaran ini bisa dicek di Google Analytics.
  2. Waktu yang dihabiskan oleh pengunjung mengunjungi situs web tersebut tidak lama. Tidak sampai hitungan menit, mungkin bisa jadi dalam hitungan detik saja.
  3. Jika situs web loading-nya lambat, maka kemungkinan besar pengujung tidak ingin kembali lagi ke situs web yang sama.

Tentu saja beberapa hal itu sudah memberikan dampak yang tidak baik bagi kelangsungan situs web. Jika tidak segera diperbaiki, maka situs web bisa jadi tenggelam dan tidak ada pengunjungnya.

Baca juga   10 Elemen Kunci dari Website Berkualitas Baik

Jangan biarkan trafik situs web Anda mengalami penurunan dikarenakan terlalu lama untuk diakses. Simak beberapa langkah di bawah ini untuk memastikan situs web Anda dapat berjalan dengan baik dan tips cara mempercepat loading blog.

Cara Mengecek Kecepatan Loading Website

Ada beberapa website yang dapat Anda gunakan untuk menganalisa kecepatan website yang Anda punya. Di internet ada beberapa tools gratis yang tersedia di internet untuk mengetahui hal ini. Saat ini sudah banyak situs penyedia pengecekan situs web dan memberikan saran cara mempercepat loading blog di situs web.

Kecepatan loading blog Anda dapat dites dengan menggunakan berbagai tool analytic gratis, seperti GTmetrix, Website Speed Test tool by Pingdom, Which Loads Faster, Google’s PageSpeed Insights, dan YSlow.

Tips Menaikkan dan Cara Tes Kecepatan Website Milik Anda (2018)

Google PageSpeed Insight

Saya biasanya menggunakan GTMetrix, Pingdom, atau Google PageSpeed Insight. GTMetrix merupakan tool rekomendasi pertama saya yang bisa Anda gunakan. Meskipun terbilang sederhana, GTMetrix memiliki berbagai macam parameter untuk meningkatkan kecepatan website Anda.

Tools ini bisa Anda gunakan sebagai acuan untuk melihat perubahan analisa kecepatan website sebelum dan sesudah dioptimisasi. Pastikan anda menggunakan cara ini berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Mempercepat Loading Website

1. Kurangi penggunaan gambar di home page

Gambar memang merupakan elemen menarik untuk mempermanis dan menunjang konten website. Ada gambar yang digunakan untuk estetika atau untuk menjelaskan isi konten agar lebih jelas ke pengunjung website.

Namun penggunaan gambar yang berlebihan sangat mempengaruhi kecepatan website. Karena 1 file gambar punya size file yang lebih besar dari sekedar konten teks. Semakin banyak gambar, maka akan semakin lama halaman tersebut di buka,

Memaksimalkan bukan berarti menambahkan semua konten dengan gambar yang banyak. Cukup gunakan gambar secukupnya agar tidak terlalu membebani saat diakses. Cukup taruh yang penting-penting saja.

2. Memperkecil ukuran gambar sebelum di unggah

Selain mengurangi penggunaan gambar yang kurang berguna. Jangan lupa untuk mengunggah gambar dengan ukuran yang kecil. Beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya ukuran file gambar yang di-load adalah resolusi.

Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi untuk mengecilkan ukuran gambar dengan kualitas yang sama seperti TinyPNG. Jika Anda menggunakan WordPress bisa install aplikasi WP Smush. Cara ini juga dapat diterapkan saat mengunggah konten.

Namun perlu diperhatikan pengoptimisasian yang terlalu berlebihan juga kadang tidak baik. Misalnya foto produk anda menjadi blur karena hasil optimisasi yang berlebihan. Pastikan hasil optimisasi tetap terlihat bagus dimata pengunjung website.

3. Hapus fitur yang tidak penting

Jika Anda membuat websit emenggunakan CMS biasanya suka menambahkan fitur tambahan dari plugin dan widget agar semakin mempermanis tampilan. Namun penggunaan widget dan plugin memang harus diperhatikan baik-baik.

Kelebihan penggunaannya sangat tidak baik untuk kinerja situs web. Jadi pastikan widget yang terinstall tidak terlalu banyak dan memang benar-benar dibutuhkan. Jika bisa, gunakan plugin dan widget dengan beban yang ringan.

4. Caching Halaman Website

Cache merupakan salah satu bagian dari situs web yang datanya disimpan di dalam Random Access Memory (RAM) server hosting. Untuk urusan website, caching bisa meliputi pengubahan file website menjadi lebih ringkas ke bentuk static HTML. Caching juga bisa meminimalisasi file javascript dan CSS ke file cache baru agar lebih mudah di-load.

Dengan cara ini anda dapat mengeliminir proses loading website secara full setiap pengunjung datang ke website dan menampilkan halaman website yang sudah dioptimisasi dengan proses caching.

Untuk menangani hal ini beberapa pengelola situs web menggunakan plugin yang digunakan untuk mengelola cache di situsnya. Salah satu plugin WordPress yang banyak digunakan adalah W3 Total Cache yang gratis. Namun Anda juga dapat mencoba menggunakan versi berbayar untuk mendapatkan fasilitas yang lebih tangguh.

5. Menggunakan Hosting yang Berkualitas

Salah satu hal yang penting juga adalah gunakan hosting yang berkualitas. Anda dapat mencoba beberapa layanan hosting yang saat ini ada banyak ditawarkan di internet. Atau pilihan lain yaitu menggunakan Virtual Private Server (VPS) yang mana besar virtual memory usage tidak bergantung dengan user lain di server yang sama.

Baca juga   4 Manfaat SEO untuk Penjualan Bisnis Online

Pertimbangkan saat memilih layanan penyedia hosting Anda. Pastikan jika memori yang ditawarkan cukup besar agar dapat memproses skrip yang berjalan pada situ web Anda dengan baik.

Saya sendiri saat ini lebih mempercayakan website saya di Bluehost karena sangat reliable dan teknisinya sangat responsif.

bluehost-vendor-logo
Registrasi
Bluehost Wordpress Server
Webhosting paling direkomendasikan #1 untuk semua website yang dibuat dengan Wordpress...Show More
Webhosting paling direkomendasikan #1 untuk semua website yang dibuat dengan Wordpress. Cukup Install WordPress dengan 1x Klik. Show Less
SPECIAL OFFER
niagahoster-vendor-logo
Registrasi
Hosting Murah Berkualitas
Perusahaan Webhosting Indonesia yang paling teruji dan saya rekomendasikan. Kualitas...Show More
Perusahaan Webhosting Indonesia yang paling teruji dan saya rekomendasikan. Kualitas pelayanan yang memuaskan menajadi alasan dipilih banyak profesional. Show Less

6. Menggunakan CDN (Content Delivery Network)

Terakhir adalah dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN). CDN adalah sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring konten situs web. Dengan menggunakan CDN maka content web kita seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts akan di mirror di server cadangan yang terletak di berbagai negara.

Tips Menaikkan dan Cara Tes Kecepatan Website Milik Anda (2018)

Contoh Diagram CDN – LeaseWeb Blog

Ada beberapa layanan CDN yang dapat anda pilih seperti Cloudflare, MaxCDN, Google Cloud, Amazon AWS, dsb. Terserah anda mau pilih yang mana.

Fungsi utama penggunaan CDN adalah membagi tugas penyampaian semua file website yang dibuka dari yang tadinya terbebani dari 1 hosting yang Anda punya menjadi dibagi agar terkirim dari berbagai server lain yang terdekat dari lokasi user pengakses web.

Kesimpulan

Cara mempercepat loading blog bisa dilakukan dengan berbagai macam metode. Anda perlu memastikan terlebih dahulu di mana masalah yang terjadi pada situs web yang muncul. Pada artikel ini sudah dijelaskan cara untuk melakukan pengecekan kecepatan situs web yaitu GTmetrix. Anda juga dapat menggunakan beberapa tool yang tersedia di internet.

 

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩